Penelitian Kualitatif Prof.Dr. Husaini Usman,M.Pd.,M.T. Purnomo Setiady Akbar,M.Pd.

alligator

Penelitian Kualitatif

Prof.Dr. Husaini Usman,M.Pd.,M.T.

Purnomo Setiady Akbar,M.Pd.

Penelitian kualitatif dilakukan dalam situasi yang wajar (natural setting) dan data yang dikumpulkan umumnya bersifat kualitatif.Metode kualitatif lebih berdasarkan pada filasafat fenomologis, yang mengutamakan penghayatan (verstehen).Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia     dalam situasi tertentu menurut prerspektif peneliti sendiri.

Jenis-jenis penelitian kualitatif antara lain: ethnographic,phenomology,case study,

Ciri-ciri metode kualitatif adalah sebagai berikut:

Ø Sumber data berada dalam situasi yang wajar (natural setting),tidak dimanipulasi oleh angket dan tidak dibuat-buat sebagai kelompok eksperimen.

Ø Laporan sangat deskritif.

Ø Mengutamakan proses dan produk

Ø Peneliti sebagai instrument penelitian (key Instrument)

Ø Menacari makna dipandang dari pikiran dan prasaan responden

Ø Mementingkan data langsung (tangan pertama),karena itu pengumpulan datanya mengutamakan observasi partisipsi, wawancara dan dokumentasi.

Ø Menggunakan triangulasi yaitu memeriksa kebenaran data yang diperoleh kepada pihak lain

Ø Menonjolkan rincian yang kontekstual,yaitu menguraikan sesuatu secara rinci tidak terkotak – kotak

Ø Subjek yang diteliti dianggap berkedudukan sama dengan sipeneliti, peneliti bahkan belajar kepada respondennya

Ø Mengutamkan prespektif emic pendapat responden daripada pendapat sendiri (etic)

Ø Mengadakan verifikasi melalui kasus yang bertentangan

Ø Sampel dipilih secara purposive

Ø Menggunakan audit trail yaitu memeriksa data mentah, analisis dan kessimpulan kepada pihak lain

Ø Partisipasi peneliti tidak mengganggu natural setting

Ø Analisis data dilakukan sejak awal sampai penelitian berakhir

Ø Desain penelitian tampil selama proses penelitian (emergent)

Responden dalam metode kulaitatif berkembang terus (snowball) secara bertujuan (purposive) sampai data yang dikumpulkan dianggap memuaskan.

Alat peelitian dalam metode kuliatatif adalah si peneliti sendiri.Jadi peneliti merupakan key Instrument,.

Teknik pengumpulan data yang sering digunakan adalah observasi partisipasi,wawancara, dan dokumentasi.teknik angket tidak digunakan dalam pengumpulan data.

Langkah – langkah penelitian kualitatif dibagi atas : Orientasi melalui bacaan,wawancara kelapangan,eksplorasi yaitu mengumpulkan data sesuai focus penelitian yang sudah jelas,member chek yaitu memeriksa laporan sementara penelitiannya.Tujuannya agar kebenarannya dapat dicroschek sehingga hasil penelitiannya dapat dipercaya

Studi pendahuluan berguna untuk menjajaki keadaan dilapangan, masalah kiranya yang layak dan diteliti.studi lapangan bersifat anjuran sebelum mengadakan penelitian, masalh pada umumnya sangat umum kemudian mendapatkan focus yang ditujukan

Teori yang digunakan tidak dapat ditentukan sebelumnya secara apriori,karena penelitian kualitatif tidak bertujuan untuk menguji teori atau membuktikan teori melainkan untuk dikembangkan akhirnya menemukan teori baru berdasarkan data yang didapatkan dilapangan,

Populasi tidak ada dalam peneitian ini ,

sampling hanya pilihan secara purposive disesuaikan tujuan penelitiannya, Instrumen utama dalam penelitian ini ialah sipeneliti sendiri, umumnya dengan obeservasi partisipasi.

Analisa data berarti mencoba memahami data secara verstehen,mendapatkan maknanya.analisa dimulai sejak penelitian dilakukan sampai penelitian selesai.

Selesai pradesain dibuat maka perlu diseminarkan untuk mendapatkan umpan balik terdapat hal – hal yang perlu mendapatkan perbaikan

Langkah awal dalam memasuki lapangan ialah meilih lokasi situasi social,yang mengandung unsure tempat,dan kegiatan

Tempat ialah wadah dimana manusia melakukan kegiatan tertentu.

Pelaku ialah semua orang yang terdapat dlam wadah tertentu

Kegiatan ialah aktivitas yang dilakukan orang dalam wadah tertentu,kegiatan yang saling berhubungan disebut peristiwa.

Data –data yang dikumpulkan meliputi tempat, pelaku, kegiatan:

Ø Ruang atau tempat ditinjau dari penampilan fisiknya.

Ø Pelaku yaitu semua orang yang terlibat dalam situsi.

Ø Kegiatan yaitu apa yang dilakukan orang dalam situasi itu.

Ø Objek yaitu benda- bendayang terdapat ditempat itu.

Ø Perbuatan yaitu tindakan – tindakan tertentu.

Ø Kejadian atau peristiwa yaitu serangkaian kegiatan

Ø Waktu yaitu urutan kejadian

Ø Tujuan yaitu sesuatu yang ingin dicapai orang berdasarkan makna   perbuatannya

Ø Perasaan yaitu emosi yang dirasakan dan dinyatakan

Analisa data merupakan kegiatan analisis mengategorikan data untuk mendapatkan pola hubungan,tema,menafsirkan apa yang bermanfaat,serta melaporkannya kepada orang yang lain  yang lebih berminat.

Penelitian Kualitatif dasar-dasar dan aplikasi

Sanapiah Faisa

Penelitian kualitatif berarti metodologi penelitian yang didalamnya mncakup pandangan-pandangan filsafati mengenai disciplined inquiry dan mengenai realitas dari objek yang distudi dalam ilmu- ilmu sosial dan tingkah laku.

Karakteristik penelitian kualitatif:

Ø Pengumpulan data dilakukan dalam latar yang wajaralamiah (natural setting)

Ø Peneliti merupakan instrument pertama dalam mengumpulkan dan meninterprestasikan data

Ø Peneliti kaya dan sarat dengan deskripsi

Ø Peneliti lebih menelaah proses

Ø Peneliti menggunakan analisis induktif

Ø Tingkah laku manusia menjadi hal yang sangat esensial

Ø Peneliti melakukan penelitian dilapangan sendiri

Ø Peneliti menggunakan metode triangulasi

Ø Responden sebagai kolega peneliti

Ø Peneliti sangat mengutamakan prepektif emic

Ø Penelitian kualitatif jarang menganggap hasil temuan sebagai temuan final sebelum hasil temuan tidak tersanggah oleh bukti-bukti yang kuat

Ø Pengambilan saampel secara purposive

Ø Data kuantitatif dan kualitatif sama-sama digunakan

Aliran-aliran teori yang mendasari penelitian kualitatif:

aliran teori Budaya : aliran ini mengisyaratkan bahwa ada sistemmakna sibalik setiap tingkah laku manusia, dan makna tersebut pada diri manusia sebagai pelakunya,karenanya diperlukan penelitian mendalam hingga ke inner behavior,holistic,bertolak dari sudut pandang manusia,dan mengunakan analisis yang lebih induktif sifatnya.

Aliaran Teori Fenomenologi: merupakan aliran yang senantiasa masuk ke dalam dunia konseptual para manusia pelaku yang menjadi subjek penelitiannya,berusaha menghayatinya sedemikian rupa tidak mengetahui makna sesuatu bagi orang-orang yang sedang ditelitinya,mengawalidengan sikap diam,guna dapat menangkap apa sesungguhnya dari yang sedang ditelitinya,dengan menekankanaspek-aspek subjektif dari tingkah laku manusia.

Teori Interaksionisme Simbolik merupakan sebuah teori yang berusaha menjelaskan  tingkah lakumanusia melalui analisis makna

Teori ini bersandar atas tiga buah premi

Ø Manusia berbuat kearah sesuatu atas dasar makna yang melekat pada sesuatu.

Ø Makna tentang sesuatu berkembang dalam kehidupan sehari-hari

Ø Makna-makna Stersebut dipegang dan dijadikan acuan dan diiterprestasikan oleh seseorang dalam berhubungan dengan sesuatu yang dihadapinya.

Alliran Teori Etnomonologi mengemukakan bahwa penelitian bukanlah pekerjaan praktis biasa dalam upaya mendiskripsikan sesuatu yang ingin kita ketahui.Dengan kemampuan mengobservasi,bertanya fan mencatat secara biasa-biasa saja kita sudah dapat mendiskripsikan segala yang berlaku secara konkrit dan spesifik disuatu masyarakat atau budaya.

Pokok masalah penelitian. penelitian kualitatif lebih cendrung bertolak dari pandangan tidak mengetahui tentang apa yang tak diketahuinya,sehinga penelitian kualitatif ditingkat awal biasanya hanya menyatakan focus atau pokok masalah yang kadarnya masih umum

Landasan teori sangat berguna khususnya pada akhir suatu penelitian kualitatif pada saat harus membahas atau mendiskusikan hasil penelitian.

Sampel Penelitian. Sampel tidak dipastikan sebelumnya,hanya sampelawal danakan terus berkembang mengikuti karakteristik elemen-elemen yang ditemukan dilapangan.

Intrumentasi Dalam penelitian kualitatif instrument yang dipergunakan bukanlah alat ukur yang disusun atas dasar defenisi operasional variable-variabel.

Pengumpulan data melalui wawancara,observasi,pengumpulan data dengan mengunakan sumber non manusia (dokumen dan rekaman)

Analisa data Secara umum analisis data dalam penelitian kualitatif bergeraka secara induktif,yaitu  dari data fakta menuju ke tingkat abstraksi yang lebih tinggi.

Analisis data penelitian kualitatif antara lain :

Ø Analisis Domain (domain analysis)

Ø Analisis taksonomis ( taxonomic Analysis)

Ø Analisis Komponensial (Componential Analysis)

Ø Analisis tema cultural (discovery Cultural Analysis)

Ø Analisis komporasi konstan (grounded Theory Research)

Perbedaan dan Persamaan dari Ketiga buku diatas

Persamaan

Ø Penelitian kualitatif muncul karena keidakpuasaan terhadap penelitian kuantitatif,yang mana penelitian kuantitatif memandang kenyataan adalah sesuatu yang tunggal,sebaliknya kualitatif memandangnya sebagai sesuatu yang ganda.

Ø Penelitian kualitatif lebih banyak diminati oleh ilmu-ilmu social.

Ø Penelitian kualitatif lebih berorientasi pada proses.

Ø Perumusan masalah dapat ditentukan kapan saja.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi,data yang telah diperoleh langsung diolah.peneliti juga bertindak selaku responden

Perbedaan

Ø Metodologi penelitian social, menganut aliran fenomenologis yang bersifat naturalistic, yang mana peneliti turun tanpa ada fenomena-fenomena,ketika berada dilapangan peneliti merasakan sendiri fenomenanya.

Ø Dasar-dasar penelitian kualitatif, menganut aliran fenomenologis,peneliti terjun ketika ada fenomena-fenomena terjadi.menggunakan pendekatan grounded theory

Ø Penelitian Kualitatif dasar-dasar dan aplikasi, menganut aliran ethnography dimana untuk meneliti tingkah laku peneliti harus mengobservasi dan melacaknya lebih jauh untuk mengetahui makna dibalik tingkah laku,